Wajah Bos Apple dijadikan Modus Pencurian Kripto, Begini Strategi Pelaku Bujuk Korban

CEO Apple
CEO Apple 
(Dok. IG/ Timcookfan)

CariUang - Beberapa waktu lalu siaran YouTube tengah dibanjiri deepfake yang memanfaatkan wajah CEO Apple yakni Tim Cook. Siaran langsung tersebut berlangsung saat debut produk terbaru Apple dengan mempromosikan penipuan crypto

Dalam siaran tersebut pelaku menggunakan sosok cook untuk meminta crypto kepada penonton. Tentu hal tersebut dengan iming-iming imbalan balik sekitar 2 kali lipat dari jumlah yang dikirimkan. 

"Setelah Anda menyelesaikan setoran, sistem akan secara otomatis memprosesnya dan mengirim kembali dua kali lipat jumlah mata uang kripto yang Anda setorkan," kata penipu menggunakan wajah Cook, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (11/9/2024)

Baca Juga: Bappebti Berikan Lisensi Penuh Terhadap Tokocrypto, Ada Apa Sebenarnya?

Tim dukungan YouTube secara resmi menyebut bahwa penipuan tersebut benar adanya melalui akun X. Pihaknya juga meminta penonton atau pengguna melaporkan kejadian serupa di situs pelaporan resmi. 

Penipuan serupa juga pernah terjadi dengan memanfaatkan siaran YouTube milik YouTuber Australia yakni Seven. Dalan akun siaran tersebut tampak sosok menyerupai Elon Musk berbicara tentang crypto.

Baca Juga: Makin Populer, Bos Coinbase Sebut Crypto Bakal jadi Alat Pembayaran di Kehidupan Masa Depan

Siaran tersebut bersamaan dengan peluncuran Starship SpaceX, sosok Musk meminta penonton stor kripto ke alternatif penipuan yang telah direncanakan oleh pelaku. 

Disclaimer

Setiap tindakan investasi atau trading yang dilakukan bukan menjadi tanggung jawab pihak Kami. Semua keputusan berada di tangan masing-masing individu. Jika terdapat kerugian ataupun keuntungan, pihak Kami tidak bertanggung jawab. Perbanyak literasi untuk mencegah kerugian dalam trading. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar