Tak Banyak yang Tau, Begini Cara Membuat Trading Plan!

Trading plan
Trading plan

CariUang - Dalam aktivitas trading penting bagi seorang trader mempersiapkan langkah Investasi masa depan. Hal itu biasanya diupayakan dengan cara membuat trading plan baik jangka pendek ataupun panjang. Bagaimana cara pembuatannya? Simak artikel ini sampai akhir.

Table of Contents
 

Mengenal Cara Membuat Trading Plan

Apa itu trading plan? Trading plan adalah salah satu persiapan dalam menempuh aktivitas jual beli saham hingga crypto. Aktivitas ini membutuhkan pertimbangan dengan matang dan seksama sehingga nantinya trading memberikan keuntungan besar. 

Apakah semua trader wajib menyiapkan trading plan? Menurut pengamatan dari sejumlah trader ternama, aktivitas trading plan memang sangat penting. Kamu harus mempersiapkannya sebagai bentuk antisipasi sekaligus bekal di kemudian hari. 

Dalam membuat trading plan, Kamu juga harus mempertimbangkan faktor resiko. Apa saja resiko trading? Resiko trading antara lain penurunan harga, sepi peminat, hingga kebangkrutan lantaran kurang pandai dalam pengelolaan. 

Baca Juga: Ngeri, Segini Jumlah Crypto yang Lenyap Akibat Pencurian Sepanjang Tahun 2024! Bisa Buat Investasi Tuju Turunan!

Cara Membuat Trading Plan yang Baik dan Benar

Bagi Anda yang penasaran terkait dengan cara pembuatan trading. Berikut ini sejumlah tahapan yang bisa Kamu tempuh dalam membuat trading plan sesuai dengan prosedur investasi:

1. Tentukan Jenis Saham

Salah satu langkah yang penting dalam membuat trading plan yakni menentukan jenis saham. Terdapat beberapa jenis saham yang dapat dijadikan pertimbangan mulai dari suntingan dana hingga pembelian aset digital seperti Cryptocurrency. 

Pastikan memilih jenis saham yang berpotensi mendatangkan keuntungan. Tidak hanya mendatangkan keuntungan, sebaiknya jenis saham yang dipilih juga memiliki keamanan mumpuni. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerugian baik jangka pendek ataupun panjang. 

2. Tentukan Budget untuk Beli

Setelah mengetahui jenis saham apa yang akan dibeli, tahapan berikutnya yang tidak kalah penting yakni menentukan budget. Jadi Kamu ini punya budget berapa untuk melakukan pembelian saham sesuai kebutuhan. Perhatikan juga tempat pembelian saham. 

Bandingkan satu tempat dengan lainnya untuk mengetahui perbandingan harga. Bagi sejumlah trader pemula tahapan ini mempunyai nilai manfaat cukup besar sehingga benar-benar harus diupayakan. Jangan sampai membeli saham dengan uang panas sehingga berpotensi menimbulkan kerugian. 

3. Pasang Harga

Setelah melakukan pembelian tentu trading harus menempuh penjualan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam melakukan penjualan penting bagi Kamu untuk memasang harga berdasarkan sejumlah pertimbangan penting. 

Bagaimana cara memasang harga yang benar? Cara memasang harga yang benar yakni berdasarkan riset. Utamakan keunggulan dari saham yang ditawarkan sehingga Kamu bisa memasang harga dengan nominal tinggi. Cara memasang harga yang benar ini bisa diterapkan juga oleh trader pemula. 

4. Menghitung Untung dan Rugi

Resiko trading memang sering menghantui sejumlah trader dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, penting bagi Kamu untuk menghitung potensi atau resiko trading mengalami kerugian ataupun menguntungkan. 

Menghitung potensi rugi bisa dijadikan sebagai antisipasi agar kedepannya bisa lebih hati-hati. Sebaliknya, menghitung potensi untung bisa dijadikan sebagai indikator meningkatkan semangat trader untuk mengumpulkan hasil sebanyak-banyaknya. 

Baca Juga: Kapan ya Waktu yang Tepat Melakukan Jual Beli Crypto? Gak Nyangka Bakal Berimbas Gede....

5. Cut Loss

Dalam beberapa kesempatan terdapat fenomena dimana trading tidak bergerak sama sekali. Ada juga kejadian dimana harga justru berangsur-angsur mengalami penurunan secara signifikan. Trader berpengalaman wajib mempersiapkan cut loss. 

Strategi tersebut perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi kerugian dalam skala besar. Biasanya strategi ini ditempuh dengan menjual saham ( harga lebih murah dibandingkan angka pembelian) sebelum kerugian besar datang. 

Cara membuat trading plan dapat ditempuh dengan sejumlah tahapan tersebut. Bagi pemula tahapan tersebut memiliki nilai cukup besar. Perhatian sejumlah trik crypto lainnya dengan baca artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar