Ekonomi Argentina Anjlok, Ada Apa Sebenarnya?

 

Ilustrasi traffic ekonomi
Ilustrasi traffic ekonomi

CariUang - Ekonomi Argentina mengalami penurunan hingga 1,7% pada kuartal kedua dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data yang dilansir dari Data badan statistik negara Argentina pada Rabu, bagian Amerika Serikat tersebut berpotensi masuk resensi. 

Produk PBD tahunan juga mengalami penurunan sekitar 1,7% dibandingkan tahun lalu. Secara tahunan, sektor pertanian di Argentina mengalami kenaikan sekitar 81,2% . Sementara sektor perikanan mengalami kenaikan sekitar 41,3%. 

Baca Juga: Berkah PON XXI Sumut, UMKM Raup Untung 1 Milyar

Sementara' kontruksi justru merosot sekitar 22,2% dan manufaktur mengalami penurunan sekitar 17,4%. 

Konsumsi dan investasi yang dilakukan oleh pihak swasta di Argentina juga mengalami penurunan padahal impor sudah dibatasi. Beberapa layanan mulai dari Keuangan hingga hotel juga ikut merosot. 

Pemerintah Presiden Libertarian Javier Milei mengungkapkan bahwa sudah seharusnya pemerintah mendorong upaya penghematan dan menekankan pengangguran. Dalam hal ini pemerintah akan melakukan pemotongan biaya sehingga inflasi terkendali. 

Baca Juga: Cara Mengatur Uang Gaji 2 Bulan dengan Bijak, Jangan Sampai Salah Langkah

Inflasi bulanan di negara tersebut sebenarnya telah berakhir sejak Mei tersebut. Sementara' berdasarkan rancangan, pada tahun 2025 inflasi terjadi sekitar 15%. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar