Berkah PON XXI Sumut, UMKM Raup Untung 1 Milyar

 

UMKM
UMKM

CariUang - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) sukses gelar festival UMKM dalam acara PON XXI Sumut. Acara tersebut membuat UMKM mampu meraup keuntungan hingga 1 Milyar. 

Festival UMKM ini digelar sejak 7-15 September 2024 dengan diikuti sekitar 300 pelaku usaha. Produk UMKM yang paling laku terjual yakni sejumlah makanan dan merchandise tertentu. 

Baca Juga: Cari Uang untuk Anak SMP, Nggak Nyangka Bisa Bikin Cepat Kaya

Tak hanya menawarkan bazar UMKM yang bisa dikunjungi masyarakat, festival UMKM PON XXI juga turut melibatkan musisi lokal. Keberadaan musisi lokal tersebut menjadi daya tarik tersendiri sembari berkeliling festival.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menjelaskan bahwa acara tersebut juga juga bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal Sumut terhadap 18.000 pendatang dari berbagai luar daerah. 

"Banyak sektor yang terdampak positif dari penyelenggaraan PON ini, baik itu UMKM, perhotelan, wisata, kuliner semuanya terdampak. Kita bersyukur ini semua terdongkrak naik, perekonomian pun ikut naik," ungkap Fatoni.

Naslindo Sirait selaku Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumut sekaligus Wakil Ketua Bidang Pemasaran PB PON Sumut menjelaskan bahwa pencapaian tersebut diharapakan mampu memacu semangat sejumlah pelaku UMKM.

Baca Juga: Bingung Cari Uang Buat Bayar Hutang, Ini Solusinya 

"Omzet ini dapat tercapai karena produk-produk yang dijual oleh UMKM kita merupakan produk yang berkualitas. Sebelum mendapat izin untuk berjualan di festival, para pelaku UMKM telah melalui proses kurasi yang ketat oleh tim khusus di Dinas Koperasi UKM," jelas Naslindo

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar