Awas Rugi, Ini Modus Penipuan Crypto yang Wajib Diwaspadai

 

Ilustrasi mata uang Crypto
Mata uang Crypto 

CariUang - Sama dengan transaksi pada umumnya, crypto kerap kali mendapatkan sejumlah permasalahan dan juga kendala. Salah satu hal yang kerap dirasakan oleh pengguna yakni berbagai macam modus penipuan crypto yang memiliki varian cukup mengerikan.

Table of Contents
 

Ragam Modus Penipuan Crypto

Dalam beberapa waktu terakhir modus penipuan di dunia trading crypto memang mengalami perubahan. Mereka mempunyai trik tersendiri untuk mengelabuhi korban dan meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Berikut ini sejumlah modus penipuan crypto yang marak terjadi:

1. Investasi Palsu

Modus utama yabg kerap dilakukan kawanan penipuan yakni menjanjikan investasi palsu. Investasi palsu tersebut dilakukan pelaku dengan memberikan janji keuntungan besar terhadap korban. Awalnya investasi benar-benar menguntungkan sehingga banyak korban berminat. 

Baca Juga: Indodax Diretas, Bagaimana Nasib Trader?

Namun, setelah pihak investor melakukan investasi dalam jumlah banyak crypto tersebut mendadak hilang. Fenomena ini kerap dirasakan oleh sjeunlah trader baik pemula atau berpengalaman. Jadi sebelum download pertimbangkan ulasan pengguna lama. 

2. Phising

Selain investasi palsu, phising juga kerap menghantui dunia Cryptocurrency. Penipuan ini terjadi dengan modus investasi jangka panjang menguntungkan. Pihak platform nantinya akan bekerja dengan mencuri data-data yang telah Anda masukkan. 

Nantinya secara tiba-tiba modus ini akan menguras jumlah crypto yang Anda miliki. Jeni modus ini cukup berbahaya lantaran sudah banyak memakan korban. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya Anda selalu berhati-hati dalam memilih platform trading. 

3. Bursa Dompet Crypto Palsu

Tidak hanya berasal dari platform palsu, terdapat juga modus penipuan dari pihak ketiga. Modus penipuan ini biasanya diupayakan dengan menyediakan iklan menarik terkait dompet pertukaran crypto dengan biaya admin terjangkau. 

Pihak pelaku biasanya membujuk korban untuk melakukan deposit terlebug dahulu sebelum melakukan pertukaran. Alih-alih berhasil, justru modus ini membuat Korban harus kehilangan crypto yang dimiliki untuk selama-lamanya. 

4. Tukar SIM

Tukar SIM juga tergolong salah satu modus penipuan dalam dunia crypto yang saat ini marak ditemukan di kalangan masyarakat. Pihak penipuan akan melakukan penyalinan SIM tersebut dan mencoba masuk akses Anda termausk juga dengan crypto. 

Setelah berhasil masuk pada akses Kamu, langkah selanjutnya yang ditiru oleh pelaku yakni menguras habis semua crypto. Jenis penipuan ini memang cukup menakutkan dan kerap mengintai banyak orang terutama Mereka yang masih baru belajar trading. 

5. Percintaan Palsu

Baru-baru ini terdapat modus penipuan baru yang mengarah ke pendekatan personal. Sebelumya kasus penipuan ini sudah banyak dialami oleh orang-orang. Pihak pelaku mendekati target dengan melibatkan perasaan dan mengajaknya melakukan investasi di platform tertentu. 

Baca Juga: Regulator AS Minta Pengawasan Kripto Lebih Diperketat, Ada Apa Sebenarnya?

Penipuan ini bersifat virtual, jadi korban selama ini dijanjikan hal-hal romantis. Tak berselang lama setelah korban memberikan Cryptocurrency ataupun harta lain yang dimiliki, biasanya pelaku akan meninggalkan korban tanpa bekas kasihan. 

Modus penipuan crypto tersebut wajib diwaspadai sgar nantinya Kita tidak rugi di masa mendatang. Upayakan tetap tenang dalam mengatasi berbagai macam bentuk penipuan. Update informasi seputar crypto dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar