Apa itu Crypto Bubble? Penyebab dan Tandanya yang Wajib diwaspadai

Crypto Bubble
Crypto Bubble 

CariUang - Bagi trader atau investor berpengalaman tentu tidak asing lagi dengan istilah apa itu bubble. Bubble dalam investasi digital memang membuat investor mengalami keuntungan dan kerugian secara bersamaan sehingga wajib diantisipasi.

Table of Contents
 

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Crypto Bubble?

Crypto bubble merupakan kondisi dimana harga crypto mengalami peningkatan secara signifikan dan terus-terusan. Namun tak berselang lama crypto tersebut akan mengalami penurunan tajam yang membuat investor berpotensi mengalami rugi. 

Baca Juga: Crypto Makin diterima Masyarakat Indonesia, Apa Buktinya?

Di Indonesia ataupun negara lain termuka lainnya, crypto bubble bukan lagi fenomena baru. Pasalnya sudah banyak orang yang mengalami hal tersebut hingga tidak jarang langsung rugi besar-besaran. Lantas apakah fenomena ini wajib dicegah?

Karena fenomena ini memberikan 2 peluang,Kamu wajib bisa memanfaatkannya. Menurut sejumlah ulasan yang telah Aku baca, jika harga mengalami peningkatan jual beberapa Crypto. Namun jika nanti harga menurun beli sebanyak-banyaknya kemudian jual kembali jika harga meningkat. 

Penyebab Crypto Bubble yang Wajib diketahui

Terjadinya crypto bubble tentu dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Hal tersebut wajib dikenali oleh investor sehingga jika terjadi ada persiapan matang. Berikut ini sejumlah penyebab Crypto Bubble yang wajib diketahui:

1. Spekulasi

Sejumlah investor banyak yang berspekulasi terlalu tinggi sehingga menyebabkan permintaan meningkat. Permintaan yang terlalu tinggi untuk meraup keuntungan besar itulah yang menyebabkan harga mengalami kenaikan dalam waktu singkat. 

2. Media

Sejumlah media yang suka melebih-lebihkan tentang mata uang crypto juga bisa meningkatkan peningkatan harga. Hal ini lantaran pemberitaan atau Informasi yang ada mamou mendorong investor pemula untuk tanam saham sebanyak-banyaknya. 

3. Sentimen

Jika muncul sifat optimis dan percaya diri jika harga bisa mengalami kenaikan tentu hal tersebut akan terjadi. Hal ini akan menimbulkan perasaan ingin membeli Cryptocurrency dalam jumlah besar sekaligus sehingga memicu peningkatan harga secara signifikan. 

4. Fomo

Sifat takut berlebihan akan hal-hal yang belum terjadi seperti cemas tidak mendapatkan kesempatan juga berpotensi besar menciptakan peningkatan harga signifikan. Saat harga naik tentu orang ingin tergabung. Namun jika harga down beberapa pasti merasakan panik luar biasa. 

5. Kebijakan Regulasi

Crypto di beberapa negara masih belum mempunyai regulasi kuat. Hal ini memungkinkan terjadinya penipuan oleh pihak-pihak tertentu sehingga mendorong terjadinya Cypto bubble. 

Tanda-tanda Crypto Bubble

Selain wajib mengetahui penyebab terjadinya crypto bubble, penting juga bagi Kamu memahami tanda-tandanya. Berikut ini sejumlah tanda-tanda terjadinya crypto bubble yang wajib diwaspadai oleh investor:

1. Harga Naik Tidak Masuk Akal

Salah satu tanda crypto bubble yakni kenaikan harga yang sering tidak masuk akal. Kenaikan ini biasanya terjadi tanpa melibatkan pasar fundamental sama sekali. Banyak orang yang akhirnya tergiur oleh tanda-tanda satu ini. 

Baca Juga: Negeri, Pria di Bandung Bobol Akun Crypto hingga Gasak Keuntungan 311 Juta

2. Volume Pesat

Saat terjadi Bubble crypto tentu volume perdagangan cenderung lebih tinggi. Hal ini lantaran banyak orang memilih menjual ataupun membeli crypto yang dimilikinya secara berturut-turut. 

3. Media Berlebihan

Tanda crypto bubble yang paling kerap ditemukan sejumlah kalangan masyarakat yakni media terlalu berlebihan. Biasanya jika berita yang dimuat terjadi banyak sekaligus maka crypto bubble sedang berlangsung. 

Apa itu Crypto Bubble? Crypto Bubble merupakan kenaikan harga crypto secara tiba-tiba yang disusul oleh penurunan. Penting bagi seseorang untuk memahami crypto bubble sehingga tetap menguntungkan. Update informasi seputar crypto dengan baca artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar