Jarang disadari, Ini Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Kripto

 

Ilustrasi pergerakan harga crypto
Ilustrasi pergerakan harga crypto 

CariUang - Harga Aset Kripto kerap kalo mengalami kenaikan ataupun penurunan secara drastis. Hal ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor penting. Fakto apa saja yang mempengaruhi pergerakan harga kripto? Simak artikel ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.

Table of Contents
 

Ragam Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Kripto

Dalam melakukan trading memang penting sekali bagi seseorang untuk mempertimbangkan berbagai aspek. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kerugian ataupun penipuan. Berikut ini faktor yang mempengaruhi pergerakan harga kripto:

1. Kebijakan Moneter

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga kripto yakni kebijakan moneter. Kebijakan ini berkaitan erat dengan sejumlah ketersediaan aset sekaligus peredarannya di kalangan masyarakat. Banyak protokol yang mulai mempunyai aturan sendiri dalam mengelola jumlah aset beredar. 

Baca Juga: Mengenal ATM Bitcoin, Apa Saja Manfaatnya?

Penentuan peredaran tersebut juga turut melibatkan demokrasi seperti pemungutan suara. Ada juga negara yang memutuskan untuk menentukan aturan dengan berdasarkan keputusan dewan. 

2. Biaya Produksi

Sama halnya dengan kegiatan penambangan lainnya, harga crypto juga membutuhkan biaya produksi. Besaran biaya produk tergantung beberapa hal mulai dari inflasi, mining dan negara tempat crypto tersebut beredar. Salah satu biaya produksi bisa juga digunakan untuk melakukan pembelian komputer sebagai alternatif pemprosesan transaksi. 

Para penambang juga memerlukan kemudahan akses sehingga dapat meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Komponen-komponen yang termasuk dalam produksi dan operasional menjadi penentu pergerakan harga aset kripto. 

3. Permintaan Blockchain

Harga aset kripto akan meningkat drastis jika banyak komunitas yang memilih menggunakan teknologi tersebut. Hal ini lantaran pembayaran terhadap blockchain dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan kripto itu sendiri sehingga semakin banyak peminatnya harga mengalami peningkatan. 

Kenapa banyak orang tertarik menggunakan teknik blockchain? Hal ini lantaran teknologi tersebut memudahkan transaksi crypto yang dilakukan oleh orang-orang. Faktor ini bukan lagi menjadi rahasia umum lagi. Terlebih saat ini mulai bermunculan fitur-fitur baru yang dimiliki oleh Cryptocurrency

4. Minat Adop

Peningkatan penggunaan koin membuat kenaikan harga terjadi secara signifikan. Hal ini lantaran beberapa Cryptocurrency mempunyai ketersediaan sangat terbatas sehingga permintaan menjadi indikator penentu kenaikan harga tersebut. 

Sayangnya untuk bisa mendapatkan pengakuan dan adopsi masal diperlukan fungsi jelas dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa negara terkemuka banyak yang menggunakan bitcoin atau Cryptocurrency jenis lain sebagainya alat pembayaran yang sah. 

5. Kegunaan

Kripto umumnya akan mengalami peningkatan harga di saat banyak peminatnya. Begitupun sebaliknya, jika pengguna sedikit maka harga akan mengalami penurunan drastis. Hal tersebut bukan lagi menjadi rahasia umum bagi trader pemula ataupun berpengalaman. 

Baca Juga: Cegah Pencucian Uang, China Perketat Pengawasan Transaksi Crypto

Namun melihat peluang yang ada saat ini crypto menjadi salah satu alat transaksi yang berpotensi naik. Pasalnya banyak negara terkemuka yang mulai melegalkan transaksi menggunakan Crypto baik bitcoin ataupun Ethereum. 

Itulah sejumlah faktor yang mempengaruhi pergerakan harga kripto. Pastikan untuk memantau perkembangan informasi terbaru seputar mata uang tersebut agar investasi tidak rugi. Update informasi seputar crypto bisa didapatkan dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar