Cara Mengamankan Dompet MetaMask, Terbukti Efektif!

 

Dompet MetaMask
Dompet MetaMask 

CariUang - Maraknya Investasi yang ditempuh oleh sejumlah trader beriringan dengan resiko tinggi. Salah satu resiko tinggi yang dialami yakni kehilangan crypto padahal sudah tersimpan. Kamu bisa menerapkan cara mengamankan dompet MetaMask untuk melindungi hal tersebut.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Mengamankan Dompet MetaMask?

Sebelum melakukan penyimpanan Cryptocurrency menggunakan platform MetaMask penting bagi Kamu mengetahui keamanannya. Apakah dompet MetaMask aman? Platform ini sampai sekarang belum timbul sindikat mencurigakan jadi bisa dibilang aman. Berikut ini cara meningkatkan keamanan dompet MetaMask:

1. Download dari Situs Resmi

Aktivitas download yang dilakukan untuk mendapatkan aplikasi dompet digital tersebut juga mempengaruhi keamanan. Pastikan bahwa Kamu download aplikasi MetaMask dari situs resmi seperti google play store ataupun AppStore. Kenapa kalau download dari google biasa?

Baca juga: Apakah Investasi Bitcoin Aman? Trader Wajib Tau Fakta Ini

Sebenarnya tidak masalah jika download dari situs Google asalnya dari sumber resmi. Hal ini lantaran marak pengembangan aplikasi pihak ketiga atau mod yang memicu terjadinya pencurian. Tentu keamanan dompet MetaMask bisa terancam baik jangka pendek ataupun panjang. 

2. Jaga Kerahasiaan Pemulihan 

Salah satu hal yang dilakukan pihak MetaMask ketika terjadi permasalahan tentu terdapat pemulihan. Frasa pemulihan ini biasanya berupa kode yang harus Kamu masukkan. 

Jangan sampai kode tersebut dibagikan kepada pihak lain. Kenapa kode tersebut tidak boleh dibagikan kepada pihak lain? Berpotensi besar mengalami pencurian data hingga crypto yang telah dikumpulkan. Simpan kode tersebut pada tempat khusus agar keamanan tidak terusik. 

3. Autentikasi Dua Faktor 

Agar keamanan aplikasi makin terjaga, Kamu juga bisa menggunakan fitur Dua Faktor (2FA). Dengan fitur ini Kamu harus memasukkan kode saat login ke perangkat MetaMask. 

Apakah MetaMask telah mendukung fitur 2FA? Belum, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang telah terbukti keamanannya. Gunakan fitur tersebut untuk meningkatkan keamanan MetaMask. 

4. Waspada Phising

Phising adalah alternatif yang paling banyak ditemukan oleh trader. Phising merupakan salah satu bentuk Siber yang bertujuan untuk mengambil kata sandi dari metode pemulihan. 

Oleh sebab itu pastikan Kamu senantiasa waspada pada pihak lain. Jaga kode pemulihan tersebut termasuk dari pihak MetaMask sendiri. Pihak platform tentu tidak akan pernah meminta frase pemulihan sehingga bisa dipastikan hal tersebut upaya Phising. 

5. Gunakan Perangkat Pembasmi Malware

Sama dengan aplikasi penyimpan crypto pada umumnya. MetaMask juga sering mengalami berbagai kendala salah satunya yaitu pencurian akses dan kemunculan virus. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi Kamu bisa download aplikasi pembasmi Malware. Bagaimana cara download antivirus? Kamu bisa menyimak rekomendasi dari google dengan ranting dan ulasan positif. 

6. Pakai Dompet Hardware 

Bagi Kamu yang masih cemas jika ingin melakukan penyimpangan bitcoin secara digital maka bisa mempertimbangkan keberadaan dompet hardware. Dompet hardware bisa juga dipertimbangkan untuk trader yang telah punya aset berjumlah besar. 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Crypto Terbaik Tahun 2024

Dompet hardware merupakan perangkat yang bisa diakses saat Kamu offline. Tentu keamanan yang ditawarkan jauh lebih kuat dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Keamanan dompet hardware juga telah diakui oleh banyak pihak. 

Cara mengamankan dompet MetaMask bisa diterapkan mulai dari sekarang. Hal ini bertujuan agar penyimpanan bitcoin jauh lebih aman dan nyaman. Update informasi seputar crypto bisa diketahui dengan baca artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar