Apakah Investasi Bitcoin Aman? Trader Wajib Tau Fakta Ini

Bitcoin
Bitcoin 

CariUang - Bitcoin adalah penipu jika trader tersebut tidak mampu mengendalikan atau mengatur strategi trading. Sebaliknya jika trader mampu mengatur strategi maka trading terasa menguntungkan. Apakah investasi bitcoin aman? Tentu hal tersebut tergantung sejumlah faktor.

Table of Contents

Apakah Investasi Bitcoin Aman? Ini Faktanya

Banyak orang yang mengeluhkan bitcoin adalah penipuan jika trading tidak menguntungkan. Padahal bitcoin penipuan tidak selamanya benar. Berikut ini sejumlah fakta yang menentukan keamanan invetasi bitcoin:

1. Harga Tinggi

Salah satu faktor utama yang melekat pada bitcoin yakni volatilitas harga cukup tinggi. Tanpa ada penyebab pasti, hal tersebut kerap mengalami perubahan. Meskipun volatilitas bisa berubah justru hal tersebut mendatangkan potensi keuntungan dan kerugian yang cukup signifikan. 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Crypto Terbaik Tahun 2024

Bisa dikatakan bahwa investasi bitcoin membutuhkan kesiapan mental yang cukup kuat. Hal ini lantaran harga yang berubah-ubah menyebabkan ketidakstabilan investasi sehingga kurang efektif jika dijadikan sebagai tabungan jangka panjang. 

2. Regulasi Minim

Bitcoin ataupun mata uang lain yang beredar di kalangan masyarakat cenderung tidak ada aturan secara pasti. Hal ini bisa dipastikan bahwa trader tidak mempunyai perlindungan pengguna sama sekali. Apakah nanti jika ada penipuan trader bisa melaporkan? 

Tentu saja tidak. Hal ini lantaran bitcoin atau mata uang lainnya bersifat ngambang. Tidak ada aturan secara pasti yang melindungi transaksi trading baik bagi penyelenggara ataupun trader itu sendri. Meskipun beberapa negara sudah ada yang menerapkan regulasi, hal tersebut kurang efektif. 

3. Keamanan

Seperti yang diketahui, bitcoin merupakan mata uang yang ditunjang oleh teknologi blockchain. Blockchain sendiri dianggap sebagi Teknologi yang mampu mengamankan aset digital selama trader berlangsung. Namun hal ini sebenarnya juga berlaku kebalikannya. 

Teknologi tersebut bisa berperan aktif jika trader mampu mengatur strategi penyimpanan bitcoin itu sendiri. Oleh sebab itu penting bagi trader memahami dompet digital yang akan digunakan untuk mengupayakan investasi berkepanjangan. 

4. Resiko Penipuan

Dalam sejumlah kasus perlu diketahui bahwa bitcoin berpotensi besar melakukan penipuan terhadap pengguna atau trader. Penipuan ini berlangsung setelah investasi tiba-tiba aset hilang mendadak. Atau penipuan juga bisa berupa scan yang menarik perhatian pengguna. 

Untuk menghindari penipuan ini trader diharapakan jauh lebih selektif dalam memelihara keamanan. Pastikan untuk senantiasa mengganti password aplikasi trader sehingga tetap memberikan keuntungan. 

Apakah Bitcoin Sudah Legal di Indonesia

Di Indonesia sendiri belum ada aturan secara pasti yang melindungi trader atau pengguna trading. Namun OJK atau otoritas jasa keuangan tidak merekomendasikan penggunaan untuk melakukan investasi bitcoin dengan cara trading. 

Resiko pembelian bitcoin juga sangat tinggi sehingga harus dipikirkan secara matang-matang. Bagi pemula sebaiknya lebih banyak belajar dari internet atau trader yang telah berpengalaman. Hal ini bertujuan agar tidak mendapat sindikat penipu. 

Baca Juga: Cara Trading Crypto Harian untuk Pemula

Upayakan untuk memahami aturan yang berlaku dan menerapkan saran pengguna berpengalaman. Hal ini bisa diketahui dengan membaca ulasan Mereka dari internet. Biasanya Mereka mengulas berdasarkan pengalaman pribadi. 

Bagi Kamu yang tertarik melakukan trading sebaiknya berfikir dua kali lantaran untuk mengupayakan keuntungan perlu strategi dan pengorbanan. Jika ingin mencoba lakukan dengan nominal kecil terlebih dahulu. Update informasi seputar crypto dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar