Apa itu Rupiah Digital? Ini Fungsi dan Cara Mendapatkannya

 

Rupiah
Rupiah

CariUang - Belum lama ini Bank Indonesia mengeluarkan alat transaksi baru berupa rupiah digital. Peluncuran mata uang secara digital ini merupakan fenomena baru di tengah maraknya transaksi yang efek dan efisien. Lantas apa itu rupiah digital?

Table of Contents

Mengenal Lebih Dalam Apa itu Rupiah Digital

Rupiah digital merupakan mata uang berbentuk digitalisasi currency yang dapat dijadikan alat transaksi sah. Apakah uang digital dapat menggantikan fungsi uang? Tentu saja bisa lantaran keduanya memiliki peran yang sama. 

Baca Juga: Cepat Kaya dari Slot, Fakta Atau Hoax?

Kemunculan rupiah digital di Indonesia cenderung menjadi pro kontra di kalangan masyarakat. Pasalnya banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mata uang tersebut sangat efektif. 

Namun tidak sedikit juga masyarakat yang beranggapan bahwa memunculkan rupiah digital merupakan ancaman baru. Hal ini lantaran rupiah digital mampu meningkatkan pencurian keamanan. 

Manfaat Rupiah Digital

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya manfaat rupiah digital cukup banyak. Manfaat tersebut bisa dirasakan mulai dari sekarang ataupun jangka panjang. Berikut manfaat rupiah digital yang bisa Kamu rasakan:

1. Akses Luas

Rupiah digital cenderung mampu memberikan akses lebih luas kepada masyarakat terutama Mereka yang jauh dari layanan perbankan. 

Keberadaan rupiah digital mampu membuat transaksi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat tertentu tanpa perlu mengandalkan keberadaan rekening. 

2. Transaksi Lebih Mudah

Transfer antar bank ataupun pembayaran secara tunai membuat Kamu harus terhubung dengan perantara seperti clearing bank. Namun dengan rupiah digital transaksi bisa dilakukan tanpa perantara. 

Hal ini tentu sangat bermanfaat lantaran transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan hemat. Terlebih jika transaksi tersebut melibatkan banyak masyarakat. 

3. Pengulangan Biaya Transaksi 

Ketika transfer antar bank ataupun pembayaran via e-banking tentu Kamu harus mengeluarkan biaya admin. Tentu hal ini akan mengurangi administrasi yang harus dikeluarkan. 

Bagi umkm tentu manfaat ini sangat terasa lantaran uang yang mestinya digunakan untuk bisnis bisa digunakan sebagai keperluan lain. 

4. Keamanan Meningkat

Walaupun banyak masyarakat yang cemas dengan kemunculan rupiah digital, sebenarnya mata uang tersebut sangat aman dari segi manapun. 

Keberadaan rupiah digital membuat transaksi berjalan secara transparan. Bahkan kemunculannya mampu mencegah sejumlah tindakan kejahatan seperti pencucian uang, korupsi, dan lain sebagainya. 

5. Inovasi Baru di Bidang Bisnis

Kemunculan mata uang digital mampu membuat perusahaan ataupun bisnis cenderung berkembang dari segi pelayanan ataupun mutualisme. Hal ini membuat peluang bisnis yang ada dapat terbuka selebar-lebarnya. 

Hampir semua konsumen atau pembeli menyukai bisnis yang praktis, ekonomis dan dapat terjangkau. Hal inilah yang mampu meningkatkan inovasi baru di kalangan bisnis. 

6. Ekonomi Stabil 

Peredaran uang digital dapat pengawasan langsung dari bank Indonesia. Tentu hal tersebut mampu menjaga stabilitas ekonomi moneter. 

Baca Juga: Mengapa Cari Uang Makin Susah? Ternyata Ini Pemicunya

Bahkan sejumlah kalangan beranggapan bahwa pengguna mata uang tersebut jauh lebih terkontrol sehingga kebijakan ekonomi bisa dipantau secara berkala. 

Bagaimana cara mendapatkan rupiah digital?

Tentu sebagian orang penasaran dengan cara mendapat rupiah digital. Sebenarnya mendapatkan rupiah digital sangat mudah yakni dengan melakukan penukaran di bank. 

Tidak hanya penukaran di bank, rupiah digital dapat juga diupayakan dengan melakukan transaksi. 

Informasi seputar bisnis, wirausaha, crypto dan lainnya bisa Kamu dapatkan dengan menyimak artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar