Jualan Makin Menguntungkan, Ini Strategi Investasi Bisnis Kuliner yang Efektif

Restoran yang higienis
Ilustrasi restoran higienis

 CariUang - Sampai sekarang bisnis kuliner menjadi salah satu peluang yang cukup menguntungkan. Hal ini lantaran kuliner seperti makanan dan minuman menjadi kebutuhan pokok setiap orang. 

Dosen fakultas bisnis UKWMS Kampus Madiun yakni Y.Djoko Sukoco dan Sri Rustiyaningsih mengungkapkan bahwa terdapat strategi tersendiri dalam mengembangkan investasi bisnis kuliner. 

Bukan hal baru lagi, produk kuliner berupa makanan dan minuman senantiasa mengalami perubahan trend. Hal ini membuat sejumlah masyarakat tidak ingin ketinggalan untuk update pada trend tersebut sehingga mendorong pada pembelian. 

Sebelum melakukan investasi bisnis kuliner, penting bagi seseorang untuk mengetahui kelebihan dari produk yang ditawarkan. Beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan meliputi tempat, modal, keuntungan, hingga pembagian hasil. 

Dilain itu, Djoko mengungkapkan bahwa sebelum berinvestasi penting bagi pelaku usaha menerapkan langkah-langkah sesuai. 

Baca Juga: Tujuan Pengemasan Produk, Mencegah Kerusakan dan Daya Tahan

 “Setiap jenis usaha warung makan mempunyai karakteristik pelanggan yang berbeda-beda. Ada usaha warung makan yang cocok berada di dekat perumahan, ada juga jenis orang makan yang cocok berada di di dekat pusat perkantoran, atau mungkin juga warung makan yang cocoknya di dekat kampus atau sekolah. Itu perlu dipikirkan,”ujarnya dilansir dari RRI Sabtu, (6/7). 

Tak hanya itu saja, Naning mengungkapkan bahwasanya tempat bersih menjadi nilai yang menentukan makanan tersebut higienis. 

“Para pelanggan ketika melihat lokasi warung makan yang berada disekitar tempat yang kumuh akan berpikir ulang untuk datang dan makan di sana. ketersediaan air bersih, dan di usahakan menghindari tempat-tempat dengan bau yang menyengat dan tidak menyenangkan,”tambahnya.

Biasanya lingkungan padat penduduk atau di dekat pusat layanan cenderung menjadi pertimbangan. Oleh sebab itu pemilik usaha kuliner sebaiknya memilih lokasi yang mudah ditemukan atau strategis. Sangat disayangkan lokasi strategis mempunyai biaya sewa cukup tinggi sehingga harus disesuaikan dengan modal yang dimiliki. 

Sementara itu Djoko mengungkapkan bahwasanya sebelum memilih lokasi usaha penting sekali menerapkan riset pasar. 

Baca Juga: Mengenal Crypto x11, Dijamin Balik Modal!

 “Kan itu nanti juga resiko pemilik usaha ya, kalo tempatnya rawan kejahatan, jelas pembeli kapok buat datang lagi,”katanya.

Lebih lanjut Naning menambahkan bahwa dalam membangun usaha di bidang kuliner penting sekali mempertimbangkan lahan parkir hingga penataan. 

 “Kalo tempat parkirnya ngga strategis, mau parkir aja susah ya kadang males ya mau datang. Ya meski ada beberapa warung yang sangat sempit, di dalam, tapi laris manis, karena mereka memang sudah mempunyai “nama” sebelumnya,”pungkasnya.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar