Setelah Kena PHK Harus Apa? Coba Ide Bisnis Ini Biar Mendadak Kaya

Ilustrasi PHK
Ilustrasi PHK 

CariUang - Kena PHK massal belakangan ini sering dirasakan oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama dari sektor tekstil. Menyikapi hal tersebut Kamu bisa menerapkan ide bisnis untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Table of Contents
 

Ragam Ide Bisnis Pasca Kena PHK

Menurut pendapat dari sejumlah pengusaha ternama, keterpurukan yang terus didalami membuat diri sulit meraih kesuksesan. Oleh sebab itu setelah PHK sukses wajib diwujudkan. Berikut ini sejumlah ide bisnis yang bisa diterapkan setelah kena PHK:

1. Usaha Katering Rumahan

Sukses setelah di PHK bisa diupayakan dengan membuat usaha katering rumahan. Katering rumahan ini bisa diwujudkan dengan menyediakan berbagai macam kuliner populer. Siapa yang nantinya akan menjadi target penjualan katering rumahan?

Target katering rumahan adalah masyarakat sekitar rumah ataupun pihak-pihak lain yang bisa dijangkau oleh kondisi geografis tertentu. Biasanya pemilik usaha katering rumahan memberikan layanan dalam bentuk home service untuk kebutuhan hajatan. 

Usaha katering makanan
Usaha katering rumahan

Dalam membangun usaha ini dibutuhkan modal keahlian dan juga pendanaan. Pastikan dana yang disediakan bisa digunakan untuk membeli peralatan, bahan baku, operasional hingga promosi produk kuliner tertentu. 

2. Industri Makanan

Masih berkaitan dengan poin nomor 1, rezeki setelah PHK bisa dijemput melalui pembuatan industri makanan. Kamu bisa menciptakan produk unggulan seperti kripik, minuman kemasan, hingga camilan ringan yang berpotensi disukai oleh semua kalangan. 

Baca Juga: Digadang-gadang Lakukan PHK Massal, GoTo Akhirnya Blak-blakan

Untuk menempuh usaha ini memang dibutuhkan pertimbangan dan strategi matang. Namun rezeki setelah PHK ini telah diterapkan oleh banyak orang dan terbukti sukses. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Kamu mencoba industri tersebut. 

Produk industri makanan
Produk industri makanan

Untuk membuat produk makanan tertentu pastikan telah menempuh riset pasar. Gunakan riset pasar tersebut sebagai pengembangan produk industri makanan. Buat brand dan lakukan pemasaran dengan mengikuti perkembangan zaman. 

3. Usaha Daur Ulang

Ingin membuka usaha tapi terkendala modal atau dana? Kamu bisa memanfaatkan barang bekas untuk didaur ulang kembali. Pastikan memiliki skill dan kreatifitas tinggi sehingga nantinya hasil daur ulang mampu memikat perhatian banyak orang. 

Rezeki setelah PHK dengan membuka usaha daur ulang telah terbukti cukup efektif. Kamu hanya perlu mempelajari cara berkreativitas dengan memanfaatkan keberadaan internet. Update sejumlah pengetahuan dan ikuti webinar untuk memperkuat keahlian. 

Ide bisnis ini bisa dijalankan dengan mengubah sampah menjadi barang berguna seperti tas, kerajinan tangan, hingga hiasan dinding. Beberapa hasil daur ulang bahkan ada yang dibanderol dengan harga menyentuh puluhan juta rupiah. 

4. Budidaya

Beberapa pegawai yang terkena PHK memilih budidaya dengan bermodalkan pesangon perusahaan. Budidaya mencangkup berbagai macam jenis mulai dari tanaman ataupun peternakan.Tahapan ini disesuaikan dengan modal ataupun passion setiap individu. 

Baca Juga: PHK Massal Bertebaran, Ini Biang Keroknya

Beberapa tanaman yang dibudidayakan bisa berupa komoditas seperti pala, jagung, padi, Porang dan lain sebagainya. Namun ada juga budidaya yang mengarah pada peternakan seperti kambing, ayam, kelinci, ikan, sapi, dan lain-lainnya. 

Budidaya tanaman di pekarangan rumah
Budidaya tanaman di pekarangan rumah

Untuk mengetahui jenis budidaya potensial Kamu dapat mengecek dari peluang yang ada. Dengan begitu nantinya usaha budidaya bisa membuahkan hasil sesuai harapan. Penting bagi calon pelaku usaha untuk melihat kondisi wilayah sebelum budidaya berlangsung. 

Setelah kena PHK Kamu bisa membuka beberapa ide bisnis tersebut. Namun bagi Kamu yang belum memiliki keahlian di bidang bisnis bisa mencoba melamar pekerjaan kembali. Referensi seputar bisnis, karir, dan UMKM bisa dibaca melalui artikel lain di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar