Sempat Sakit, BUMN Ini Berpotensi Sembuh

PT Industri Kapal Indonesia dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari
PT Industri Kapal Indonesia dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari bangkit lantaran Indonesia merupakan negara maritim 

 CariUang - Yadi Jaya Ruchandi selaku direktur utama PT Danareksa menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 4 BUMN yang berpotensi sembuh pasca sakit. 

Penyehatan ini dilakukan oleh PPA yang mana 8 diantaranya telah resmi ditutup. 

4 BUMN yang berpotensi sehat yakni PT Pengusaha Daerah Industri Pulau Batam (Persero), PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT bima Bisma Indra (Persero) dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero). Keempat perusahaan tersebut rencananya akan dialihkan ke Danareksa. 

Baca Juga: Pasca Pandemi, Bisnis Sepeda Mangkrak, Apa Penyebabnya?

"Memang kalau mau secara gamblang, dari 21 plus satu, yang sekarang ada peluang itu cuma empat," katanya di DPR RI, Jakarta Pusat, dilansir dari detikFinance Selasa, (25/6/2024).

Menurut Yadi, PT Boma Bisma Indra bisa selamat lantaran pemerintah menerapkan larangan impor pasar berkat lartas. 

"Kemudian manufacturing, itu pun karena ada peluang, ada latas dari Kementerian Perindustrian yang membuat industri manufaktur dalam negeri bisa mendapatkan demand-nya kembali. Selama ini kita kalah dari negara sekitar, jadi orang impor," bebernya.

Baca Juga: Siap-siap CHT Naik, Merk Rokok Ini Diprediksi Melambung

Sementara PT Industri Kapal Indonesia dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari memiliki permintaan memuaskan lantaran Indonesia tergolong negara maritim.

"Secara demand karena kita negara maritim itu bagus sekali. Dan memang sebelumnya DKB dan IKI kesangkut masa lalu yang sudah kita bereskan. Tapi chance untuk mereka bangkit kembali sangat tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut Yadi menambahkan bahwa hal penyehatan akan dilakukan dengan hati-hati.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar