Mantan Pilot Sukses Usai Banting Stir Bisnis Teh, Ini Kisah Hebatnya

 

Perkebunan teh
Perkebunan teh ( gambar hanya bersifat ilustrasi)

CariUang - Terkadang hidup memang penuh dengan misteri. Hal ini turut dirasakan oleh Satria Gunawan salah satu mantan pilot yang kini sukses dengan bisnisnya. Lulus dari SMA dirinya memilih berkarir menjadi seorang pilot. Namun, hak tersebut harus berubah setelah kondisi orang tuanya memaksa Gunawan untuk menjadi petani teh. 

Hal tersebut tentu membuat Gunawan membutuhkan waktu lama untuk memahami bisnis teh. Namun lambat laun mantan Pilot helikopter tersebut mengaku telah jatuh cinta dengan teh. 

Usai memahami pertumbuhan dari tanaman tersebut, pada tahun 2015 dirinya memutusakan untuk memulai budidaya teh artisan. Bisnis yang dijalankan oleh Gunawan membuahkan hasil baik, dirinya mampu membangun sebuah kedai di Gandarai Selatan pada tahun 2015. 

“Alhamdulillah saat ini House of Tea berdiri sendiri. House of Tea lebih ke membina petani kecil,” ujar Gunawan dilansir dari Kompas. 

Berkat jejaring komunitas yang diikuti,dirinya mampu menjadi salah satu pemasok teh artisan terbesar di Indonesia. Meskipun usahanya telah maju, dirinya mengaku bahwa tidak mempunyai tanah sejengkal pun untuk ditanami teh. Untuk mendapatkan pasokan Gunawan memilih bermitra dengan sejumlah petani. 

Teh yang dikelola oleh House Of Tes merupakan hasil teh organik. Dirinya menjelaskan bahwa semua produk teh dari mitra bisnis harus organik. Dalam keberhasilannya, Gunawan juga turut memuji kekayaan alam Indonesia yang menurutnya patut diapresiasi. 

“Kami percaya tanah Nusantara itu luar biasa, saya tidak ingin merusak itu dengan bahan kimia. Semua natural. Dan produk kami harus dari bahan baku organik. Untuk itu, ke petani, kami beri pemahaman, bahan baku seperti apa yang digunakan, bagaimana memetik teh, kapan waktu memetiknya, dan bagaimana cara produksinya,” kata Gunawan.

Teh organik
Teh organik

Menurut Gunawan, kualitas teh yang berasal dari Indonesia mampu bersaing di pasar global. Lebih lanjut Gunawan berpesan kepada pengusaha agar yakin dengan apa yang dijalankannya. Memulai atau merintis usaha bukanlah hal yang mudah. Namun hal tersebut akan berhasil selagi ada niat dan mental kuat. 

“Menjadi entrepreneur itu menarik. Kalau kamu punya kemampuan, kemauan, ayolah jadi entrepreneur,” kata Gunawan

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar