Jelang Hari Tua, Ini Ide Bisnis yang Cocok untuk Lansia

 

Lansia
Lansia

CariUang - Memasuki masa lansia biasanya seseorang kehilangan pekerjaan lantaran pensiun ataupun sudah habis masa kontrak kerja. Hal ini membuat beberapa lansia tetap memilih produktif untuk mendapatkan pendapatan sekaligus mencari kesibukan.

Table of Contents
 

Ragam Ide Bisnis untuk Lansia 

Tidak jarang beberapa lansia memutuskan untuk mencari ide bisnis yang tidak memberatkan atau bisa dikerjakan dari rumah. Apa pekerjaan yang cocok untuk lansia? Berikut ini sejumlah ide atau referensi bisnis yang cocok untuk lansia:

1. Budidaya Tanaman Hias

Salah satu bisnis yang dapat diterapkan oleh lansia tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga yakni budidaya tanaman hias. Budidaya tanaman hias bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan sekitar atau pekarangan rumah sehingga cukup efektif. 

Dalam melakukan budidaya tanaman hias, Kamu hanya perlu menyiapkan bibit hingga pupuk. Pastikan prosedur yang dilakukan memenuhi standar sehingga kedepannya usaha tersebut membuahkan hasil maksimal sesuai dengan harapan. 

Budidaya bonsai
Budidaya bonsai

Beberapa tanaman hias yang cukup populer meliputi janda bolong, bonsai anting putri, dan lain sebagainya. Lakukan riset pasar untuk mengetahui sejumlah taman hias yang sedang laris atau populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

2. Jual Camilan Sehat

Memasuki usia tua sejumlah pihak banyak yang memanfaatkan untuk membangun usaha rumahan di bidang kuliner. Usaha rumahan tersebut dapat dijalankan dengan membuat berbagai macam menu camilan sehat seperti puding kelapa hingga keripik. 

Salah satu lansia yang menerapkan usaha rumahan ini yakni Mpok Atiek. Dirinya memanfaatkan waktu di usia senja untuk menekuni bisnis kuliner. Dengan bisnis kuliner tentu Kamu akan merasa ringan dalam hal pengerjaan. 

Puding
Puding

Lakukan sistem open order sehingga penjualan selalu laris atau laku. Hindari produksi dalam skala banyak sekaligus lantaran bisa berpeluang menimbulkan kegagalan. Kecuali jika Kamu sudah ada pelanggan khusus. 

3. Penjahit

Beberapa lansia menerapkan usaha jahit sebagai bentuk cara mencari uang dari rumah. Cara mencari uang dari rumah ini diperlukan modal berupa mesin, benang, dan juga sejumlah kain. Pastikan Kamu mempunyai keahlian di bidang penjahitan. 

Dalam melakukan usaha ini diperlukan juga komunikasi mumpuni. Hal ini bertujuan agar kedepannya interaksi dengan pelanggan mudah dilakukan. Membuka jasa jahitan dapat dilakukan dengan menyiapkan ruangan khusus. 

4. Jual Menu Sarapan

Menurut pengalaman ku pribadi, banyak sekali penjual makanan berupa menu sarapan yang diupayakan oleh sejumlah lansia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk usaha sejak zaman dulu ataupun sekedar mengisi waktu luang di usia senja. 

Untuk berjualan menu sarapan Kamu bisa menyiapkan lapak di depan rumah atau membuat warung kecil-kecilan. Beberapa menu sarapan yang disukai oleh sejumlah kalangan masyarakat seperti pecel, bubur, lontong sayur, dan lain sebagainya. 

Menu sarapan populer
Menu sarapan yang cukup populer salah satunya yaitu pecel

Buat harga yang bersaing agar nantinya pembeli tidak segan berlangganan. Umumnya penjualan menu sarapan juga disertai dengan sejumlah gorengan seperti tempe, pia-pia, bakwan jagung, median, dan lain-lain. 

Ide bisnis jelang lansia tersebut dapat diterapkan juga oleh sejumlah ibu rumah tangga. Pastikan untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum berwirausaha. Informasi seputar bisnis dan usaha bisa Kamu dapatkan dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar