Jelang Hari Raya Idul Adha, Pedagang Hewan Qurban Ini Punya Omzet hingga 1 Millyar

 

Ternak sapi
Ternak sapi

CariUang - Menjelang hari raya idul adha banyak sekali peternakan sapi ataupun kambing yang merasa diuntungkan. Pasalnya menjelang momentum tersebut banyak umat muslim mencari hewan untuk disembelih sebagai pemenuhan ibadah sesuai syariat. 

Bahkan salah satu pemilik peternakan sapi ada yang memiliki omzet hingga milyaran rupiah menjelang momen hari raya idul Adha. Salah satu dari petani sukses tersebut yakni Dedy (41). Dirinya merupakan seorang penjual sapi dan juga kambing yang telah meraih omzet milyaran. 

"Rp 1 miliar lebih bang," kata Dedy dilansir dari detikcom, Jumat (14/6/2024).

Dedy menjelaskan bahwa omzet tersebut didapatkan jika semua kambing dan sapi yang dimilikinya dan keluarga besar ludes terjual secara keseluruhan. Dirinya turut menjelaskan bahwa stok yang disediakan tahun ini tidak sebanyak tahun sebelumnya. 

Hal ini lantaran pada tahun 2023 permintaan hewan kurban mengalami peningkatan secara drastis. Hal ini lantaran tahun 2023 sedang terjadi tahun-tahun politik dan pemerintahan. 

Menurutnya mayoritas pembeli yang datang berasal dari kalangan karyawan hingga pengusaha. Namun, dirinya menjelaskan bahwa pembelian paling banyak berasal dari pengeluaran pribadi.

Kambing
Kambing

Mereka harus mengeluarkan uang sekitar Rp 150 juta untuk membeli 2 ekor sapi berjenis sapi putih. 

"Itu dua (sapi) Rp 150 juta. Kalau kita buka harga Rp 190 juta kan mereka ntar nego. Tapi karena dia ngambil dua dan yang beli masih temen, kita kasih lah. Banyak yang beli di sini pembeli lama, orang baru, temen. Pernah ada juga YouTuber di sini beli satu sapi Rp 100 juta. Saya lupa namanya," jelasnya.

"Kalau anggota dewan itu mboh doang bang, cuma beli kambing. Itu udah kebaca, kebanyakan kambing-kambing juga. Lebih banyak orang pribadi yang beli sapi. Sapi-sapi gede begini," sambungnya.

Keberuntungan itu juga turut dirasakan oleh pedagang hewan qurban lainnya yakni Ibnu (43). Meskipun dirinya tidak menyebutkan omzet, namun Ibnu mengungkapkan bahwa berhasil menjual 69 ekor sapi dan 80 ekor kambing. 

Sama halnya dengan Dedy, dirinya juga menjelaskan bahwa stok tahun ini lebih sedikit dibandingkan sebelumnya lantaran sudah banyak orang memilih berjualan hewan qurban. 

"Tahun ini kambing nyetok 100 ekor, biasanya 200 ekor, tapi karena banyak yang buka (usaha kambing) saya kurangin (jumlahnya). Sapi 70 ekor. Sapi tinggal 1 ekor, kambing sisa 20 ekor," pungkasnya

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar