Hadapi Inflasi Pangan Jelang Kemarau, Ini Kata Wali Kota Semarang

Walikota Semarang
Wali kota Semarang 
IG/@mbakitamsg

 CariUang - Hevearita Gunaryanti Rahayu, wali kota Semarang menjelaskan bahwa pihaknya bakal mengandeng sejumlah teknologi pertanian guna menekan inflasi jelang musim kemarau. 

Hal tersebut disampaikan olehnya saat mengikuti rakornas di Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu. 

"Arahan dari Bapak Presiden, untuk mengantisipasi kekeringan yang terjadi pada tahun 2050 mendatang, dari kekeringan itu bisa memberikan dampak pada 500 juta petani-petani kecil di Indonesia. Sehingga diharapkan kita harus melakukan inovasi-inovasi, di antaranya adalah smart farming," jelas Ita dilansir dari Bisnis, Selasa (18/6)

Dirinya turut memahami bahwa Semarang menjadi salah satu daerah dengan permasalahan berupa keterbatasan lahan pertanian. Hal itulah yang mendorongnya untuk membangun kolaborasi Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Baca Juga: Mantan Pilot Sukses Usai Banting Stir Bisnis Teh, Ini Kisah Hebatnya

Dalam kesempatan yang sama, Ita mengungkapkan bahwa presiden Jokowi menghimbau pemerintah daerah untuk menyediakan ketersediaan air bersih jelang musim kemarau. Tidak hanya itu saja, presiden Jokowi juga menghimbau pemerintah daerah untuk menyediakan pompa air terutama di wilayah dengan produktivitas pertanian tinggi. 

Mengupayakan hal tersebut Ita memaparkan bahwa pemerintah akan mengoptimalkan sungai untuk kebutuhan pertanian hingga Konsumsi masyarakat. 

"Baik dari sungai besar, sungai kecil, maupun sungai sedang, untuk dialirkan ke daerah-daerah pertanian. Harapannya bisa membantu sektor pertanian agar tetap daulat pangan, sehingga inflasi akan tetap terjaga," jelasnya.

Kehadiran Ita dalam acara tersebut rupanya tidak hanya ingin membahas pengendalian inflasi namun juga mengikuti rangkaian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) award 2024. Dalam ajang tersebut Semarang berhasil masuk 3 besar. 

Baca Juga: Tak Hanya di Indonesia, Perusahaan Jepang Bangkrut dalam Kurun Waktu Singkat

Meskipun tidak berhasil menyambar juara 1, Ita tetap mengucapakan terimakasih pada pihak-pihak yang telah terlibat ataupun mendukung pemerintah dalam mengupayakan kota Semarang terbebas inflasi.

"Kami matur nuwun kepada teman-teman semua yang tidak patah semangat dan tentunya menjadi motivasi. Insyaallah yang terbaik untuk tahun depan," pungkasnya.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar