Ekonom Sebut Gaya Hidup Gen Z Terlalu Konsumtif, Benarkah Begitu?

 

Gen Z
Gen Z

CariUang - Gaya hidup Gen Z dinilai cukup konsumtif sehingga literasi terhadap keuangan harus diupayakan. Ekonom Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya yakni Joko Budi Santoso hal tersebut memang benar adanya. 

Bahkan menurutnya literasi keuangan bakal menjadi kunci bagi gen Z untuk lebih bijak dalam mengelola bidang tersebut. Pemahaman inilah yang bisa meningkatkan kualitas perilaku gen Z. 

"Kolaborasi dunia pendidikan dengan dunia usaha dan industri menjadi sebuah keharusan dalam meningkatkan kualitas SDM pada masa depan," ujar Joko dilansir dark Surabaya Bisnis, Senin (17/6/2024). 

Menurutnya industri keuangan turut berperan dalam meningkatkan literasi keuangan. Hal ini lantaran industri mampu mendukung SDM ke arah yang positif sehingga nantinya memberikan manfaat. 

Regional Corporate Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Irene Sri Redjeki mengungkapkan bahwa penting sekali kolaborasi antara industri ekonomi dan pendidikan. Hal ini dimaksudkan dengan tujuan memperkuat ilmu seputar literasi keuangan secara meluas. 

Literasi keuangan
Literasi keuangan 

"Kerja sama dengan Universitas Brawijaya memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak mahasiswa dan memberikan mereka sarana serta pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil dalam ekonomi global yang semakin berkelanjutan. Kami berharap dapat terus memperluas inisiatif ini dan membuat dampak positif yang lebih besar pada masyarakat," ujar Irene

Bank Danamon sendiri telah melakukan kolaborasi dengan universitas Brawijaya untuk memberikan edukasi terkait literasi keuangan sehingga mahasiswa terhindar dari praktik investasi ilegal. 

Melalui program ini akan diadakan serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan berkelanjutan. Aktivitas ini diselenggarakan di kampus utama UB Malang dan kampus Program Studi di Luar Kampus Utama UB yakni Kediri. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar