Dorong Bisnis, Menkominfo Ajak Pebisnis Pakai AI

Kecerdasan buatan


CariUang - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memberikan arahan kepada pelaku bisnis untuk memanfaatkan artificial intelligence atau kecerdasan buatan untuk memperluas usahanya. 

Pemanfaatan inovasi teknologi diyakini mampu membuat usaha berkontribusi dalam membangun perekonomian suatu bangsa. 

"Inovasi teknologi saat ini membuka peluang bagi Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Artificial Intelligence menjadi salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong kemajuan bangsa kita," kata Budi dikutip dari Antara, Minggu, (17/6/2024)

Bshkan Budi juga memaparkan sejumlah fakta terkait implementasi AI. Berdasarkan data yang ada, sekitar 73 pelaku industri telah menggunakan AI (2023). Pada laporan data serupa ( McKinsey Global di 2023) 55% perusahaan global telah menggunakan AI. 

AI tersebut digunakan oleh bidang pendidikan, manufaktur hingga kesehatan. Indikator tersebut tentu membuat AI berpotensi mengambil alih kontribusi pada bidang ekonomi. Bahkan menurut Budi, AI bisa berkontribusi hingga USD 13 Triliun di tahun 2030 dalam proyeksi global.

Walaupun memiliki dampak yang cukup positif untuk industri perekonomian, namun AI berpotensi menggerus sejumlah profesi. Dalam proyeksi terbaru disebutkan bahwa kecerdasan buatan mampu menggerus sekitar 83 juta pekerjaan. 

Bertajuk pada hal tersebut Menkominfo mengajak semua masyarakat untuk mengasah kemampuan dalam pemanfaatan AI dan terus meningkatkan sejumlah ketrampilan terutama berpikir kritis. 

" Baik melalui pelatihan keterampilan, maupun melalui platform pembelajaran online, workshop, dan kolaborasi antara lembaga pendidikan dan industri," pungkasnya. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar