Bisa Untung Besar, Begini Cara Bisnis Kayu Bakar

Kayu bakar
Kayu bakar

 CariUang - Saat ini memang sudah zamannya mengolah makanan menggunakan gas. Namun hal tersebut tidak berlaku pada industri makanan yang bersifat modern. Bisnis kayu bakar memiliki peran pada industri tersebut sehingga bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha.

Table of Contents
 

Cara Bisnis Kayu Bakar agar Untung Besar

Jual kayu bakar banyak ditempuh oleh orang yang memang mempunyai cadangan banyak. Namun ada juga orang jual kayu bakar sebagai pekerjaan utama untuk mendapatkan penghasilan. Berikut ini cara jual kayu bakar agar mendapatkan untung besar:

1. Mempersiapkan Anggaran

Langkah utama dalam jual kayu terdekat yakni menyiapkan anggaran dana. Untuk apa anggaran dana tersebut? Menurut salah satu orang yang punya usaha jual kayu terdekat menjelaskan bahwa anggaran digunakan untuk membeli kayu, gaji tim, dan ongkos pengiriman.

Berapa Anggara yang dibutuhkan? Anggaran untuk memulai bisnis jual kayu bakar terdekat menurut pengamatan ku pribadi dapat disesuaikan dengan kemampuan dan juga jenisnya. Pasalnya setiap jenis kayu memiliki tarif harga yang berbeda-beda. 

Pembuatan anggaran dana
Pembuatan anggaran dana

Baca Juga: Terbukti Menguntungkan, Begini Analisis Bisnis Teh Kemasan

Biasanya beberapa penjual ada yang memilih menerima orderan dari pembeli sesuai request. Request tersebut bisa berupa permintaan kayu untuk kebutuhan bangunan dan lain sebagainya. 

2. Cari Tim Solid

Tidak hanya mempersiapkan anggaran, Kamu juga wajib membentuk tim solid. Tim dalam usaha kayu bakar berguna meringankan setiap tugas. Biasanya tim meliputi yang menebang, pengangkut, pengantar hingga marketing sesuai kebutuhan. 

Dalam mencari tim solid biasanya pemilik usaha kayu bakar mempertimbangkan pengalaman. Biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh pria dewasa hingga paruh baya. Hal ini lantaran pengerjaan profesi sebagai penjual kayu bakar cukup menguras tenaga. 

Berikan upah kepada tim tersebut sesuai dengan pengerjaan. Menurut pengamatanku pribadi, rata-rata pemberian upah dilakukan berdasarkan jumlah hari kerja dan klien. Semakin sering mendapatkan job tentu gaji yang dibayarkan harus besar. 

3. Cari Kayu 

Jika tim dan anggaran sudah ada tahapan yang tidak kalah penting dalam membangun usaha kayu bakar yakni mencari bahan tersebut. Biasanya kayu bakar didapatkan dengan melakukan pembelian terhadap pemilik lahan ataupun perhutani. 

Hindari mengambil kayu secara sembarangan lantaran bisa berujung pada tindak pidana. Berapa harga kayu bakar? Harga kayu bakar menyesuaikan dengan harga dan juga jumlah potongan jadi usahakan untuk melihat hal tersebut. 

Pengelolaan kayu setelah ditebang
Pengelolaan kayu setelah ditebang

Pembelian yang dilakukan dalam jumlah banyak biasanya akan mendapatkan potongan harga. Beberapa penjual kayu bakar juga ada yang bekerja sama dengan pihak perhutani untuk menebang pohon sudah tua dan beresiko membahayakan orang lain. 

4. Penjualan

Penjualan kayu bakar dilakukan pasca dipotong menjadi kecil-kecil dan diikat menggunakan tali dari bambu. Satu ikat kayu dihargai mulai dari Rp 20.000 - Rp 30.000. Namun harga tersebut bisa lebih murah atau menyesuaikan UMK daerah masing-masing. 

Biasanya target penjualan kayu bakar adalah industri modern yang masih mengandalkannya untuk proses memasak. Seperti yang diketahui memasak dengan kayu bakar cenderung lebih lezat dan hemat dibandingkan dengan gas. 

Baca juga: Entredev Kembangkan Bisnis, Kemenkop UKM Beri Bantuan untuk 2.300 Wirausaha

Kamu juga bisa melakukan penjualan kayu kepada industri batu bata. Pihak tersebut membutuhkan kayu bakar untuk menunjang proses pembuatan batu-batu hingga matang. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Kamu mencoba menawarkan. 

Bisnis kayu bakar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Umumnya kayu bakar dijual secara ecer dengan harga mulai dari Rp 20.000 - Rp 30.000. Untuk memperluas informasi bisnis Kamu bisa belajar dari artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar