Berkat Binaan BRI, Peternak Ini Bantu Geliatkan Ekonomi Desa

 

Peternakan
Ilustrasi peternakan kambing 

CariUang - Mengembangkan ekonomi daerah menjadi salah satu cara untuk memperluas kemajuan masyarakat. Hal ini sepertinya diterapkan oleh Sukateno yang berhasil memberdayakan masyarakat desa Sumbermanjing Wetan melalui peternakan kambing. 

Unit usaha yang dijalankan oleh Sukateno yakni bernama Trimandiri Farm. Menjelang idul adha kambing jantan menjadi primadona dalam unit usaha tersebut. Beberapa jenis kambing pedaging juga banyak dibeli pembeli yang berasal dari Jakarta hingga Surabaya. 

Baca Juga: Hadapi Inflasi Pangan Jelang Kemarau, Ini Kata Wali Kota Semarang

Sedangkan pengepul kambing mayoritas berasal dari luar daerah seperti Kalimantan dan Bali. Harga satu ekor kambing dijual dengan harga mulai dari Rp 2-4 juta. 

"Penetapan harga kambing tersebut dilihat berdasarkan timbangan bobot berat badannya. Timbangan akan dilakukan sebelum dan sesudah masa panen. Semakin berat atau semakin gemuk, maka harga semakin mahal," katanya dalam keterangan tertulis, seperti yang dilansir dari detikFinance Selasa (18/6/2024).

Menurutnya, usaha tersebut dibangun pada tahun 2015 dengan bantuan modal BRI KUR. Kini usaha tersebut telah berkembang dengan pesat. 

Baca Juga: Mantan Pilot Sukses Usai Banting Stir Bisnis Teh, Ini Kisah Hebatnya

"Semoga kerja sama antar BRI dengan Trimandiri Farm bisa terus berlanjut. Dengan begitu, perekonomian masyarakat Desa Tambaksari juga terus meningkat," katanya.

Dirinya menjelaskan bahwa BRI menjadi salah satu sumber dana dengan suku bunga kecil dan tidak memberatkan pengusaha. Tak sampai di situ saja, BRI juga sering memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan bisnis sehingga ekonomi masyarakat dapat dikelola dengan baik. 

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan dorongan dan dukungan kepada UMKM. Dukungan tersebut tidak hanya berupa modal dana namun juga pendampingan. 

"Dalam program ini pelaku usaha mendapatkan berbagai program pelatihan serta program pemberdayaan lainnya yang tentu bermanfaat dan terus meningkatkan kapasitas bisnisnya," imbuh Supari

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar