Aliexpress Tidak Bisa Kirim ke Indonesia, Apa Penyebabnya?

Tampilan Aliexpress
Tampilan Aliexpress 


 CariUang - Aliexpress merupakan salah satu e-commerce yang cukup terkenal hingga penjuru dunia. Sangat disayangkan kini Aliexpress tidak bisa kirim ke Indonesia. Apakah Aliexpress bisa kirim ke Indonesia? Belakangan ini memang menjadi pertanyaan banyak orang.

Table of Contents
 

Penyebab Aliexpress Tidak Bisa Kirim ke Indonesia

Pertanyaan tentang apakah Aliexpress bisa kirim ke Indonesia sepertinya mulai terjawab dari sejumlah review di internet. Menurut sejumlah pendapat yang telah berhasil Aku telusuri, tidak bisa belanja di Aliexpress lantaran adanya pembaruan peraturan Permendag No. 31 Tahun 2023. 

Aturan tersebut menjelaskan bahwa pemerintah melarang impor barang lintas negara di bawah Rp 1.5 juta. Jadi sudah jelas bukan kenapa tidak bisa belanja di Aliexpress? Tujuan utama apakah Aliexpress bisa kirim ke Indonesia yakni melindungi UMKM. 

Baca Juga: Biaya Logistik Mahal, Pengusaha Banyak yang Ngeluh hingga Bilang Begini

Meskipun muncul aturan tersebut tidak mempengaruhi Aliexpress ditutup di Indonesia. Berita yang sempat mengatakan bahwa Aliexpress ditutup di Indonesia hanyalah hoax. Pasalnya pemerintah hanya mengatur masalah harga jual sehingga e-commerce tersebut masih diperbolehkan beroperasi. 

Kendati aliexpress ditutup di Indonesia hanya hoax, e-commerce tersebut belum mampu memberikan pelayanan ke tanah air. Bahkan menu pengiriman ke Indonesia dari Aliexpress tidak tersedia. 

Bisa disimpulkan bahwa tidak bisa belanja di Aliexpress bukan hanya dipengaruhi oleh peraturan dari pemerintah melainkan juga faktor lain. Hingga kini sejumlah media belum ada yang memberikan penjelasan mengenai faktor tersebut. 

Bagaimana Solusi Tidak Bisa Belanja di Aliexpress? 

Bagi pembeli yang ingin melakukan pembelian terhadap produk tertentu bisa memanfaatkan alternatif lain misalnya memakai platform Alibaba ataupun situs e-commerce lainnya. 

Selain bisa menyelamatkan UMKM lokal hal tersebut dinilai mampu diupayakan sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air. Terlebih produk yang ditawarkan oleh sejumlah UMKM lokal tidak kalah berkualitas. 

Beberapa masyarakat yang masih ingin membeli produk dari Aliexpress terkadang menggunakan keberadaan Buybuygo. Dengan begitu nantinya masyarakat mendapatkan barang impor dari Aliexpress. 

Baca Juga: Cara agar Live Shopee Banyak Penonton, dijamin Orderan Membeludak

Sudah jelas bukan kenapa Aliexpress tidak bisa kirim barang ke Indonesia? Bagaimana masih penasaran kenapa e-commerce tersebut tidak bisa merambat ke tanah air? Update informasi lengkap tentang bisnis dan ekonomi global dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar